A.
Sistem
Informasi Global
Sistem
informasi global adalah sebuah sistem dari jaringan-jaringan yang melintasi
batas-batas negara. Definisi lain dari Sistem Informasi Global adalah sebuah
sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk penyimpanan,
pengambilan, pemetaan dan analisis data geografis.
Dari
segi definisi penggunaan Sistem informasi global adalah sistem informasi yang
berbasis komputer yang melintasi batas batas negara dimana perusahaan
multinasional dengan sistem tersebut bisa mengintegrasikan seluruh kegiatan
perusahaan seperti penyusunan strategi, pelaksanaan operasi antara perusahaan
induk dengan perusahaan cabangnya bahkan yang di mana perusahaan cabangnya
telah tersebar di berbagai negara lainnya.
B.
Riset
Pemasaran
Riset pemasaran merupakan kegiatan
penelitian dalam bidang pemasaran. Riset pemasaran harus dilakukan secara
sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan dari riset
pemasaran, pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil
riset pemasaran yang diperoleh. Riset pemasaran dilakukan sebagai upaya memberi
masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen
akan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa
yang masih konkrit dilakukan untuk merebut peluang.
C.
Teknis
Analisis Riset Pasar Internasional
1. Analisis
pola permintaan
Pola pertumbuhan
industry dapat membantu pemahaman mengenai permintaan pasar.
2. Pengukuran
elastisitas pendapatan
Elastisitas pendapatan
menguraikan hubungan antara permintaan akan barang dan perubahan dalam
pendapatan.
3. Perkiraan
dengan analogi
Ø Perbandingan
lintas bagian dengan mengasumsikan bahwa terdapat analogi antara hubungan suatu
faktor dengan permintaan produk atau komoditi tertentu dalam 2 negara.
Ø Menggeser
urutan waktu kejadian jika data tersedia di 2 pasar dengan tingkat perkembangan
yang berbeda.
4. Analisis
perbandingan. Ada 3 kategori dasar:
Ø Perbandingan
nasional, baik intra perushaan maupun antar perusahaan.
Ø Perbandingan
dalam perusahaan lintas nasional.
Ø Perbandingan
didasarkan pada pasar nasional subnasional.
5. Analisis
kelompok / cluster analysis
Tujuannya adalah
membagi-bagi beberapa ariabel ke dalam kelompok-kelompok untuk memaksimalkan
persamaan dalam kelompok & perbedaan antar kelompok.
6. Indeks
factor berganda / multiple factor index.
Analisis regresi.
D.
Segmentasi
Pasar Global
Sekarang ini , para agen periklanan & perusahaan
global cenderung mensegmentasikan pasar dunia berdasarkan pada beberapa
kriteria kunci :
1. Demografis
Didasarkan pada
karakteristik populasi yang dapat diukur ari seperti umur, jenis kelamin,
pendapatan, pendidikan & pekerjaan.
2. Psikografis
Proses pengelompokan
orang dalam arti sikap, nilai-nilai yang dianut, dan gaya hidup à idealis,
materialis, tradisional.
3. Karakteristik
tingkah laku & manfaat yang dicari.
Tingkah laku :
memfokuskan pada apakah orang akan membeli & menggunakan suatu produk atau
tidak, disamping seberapa sering & berapa banyak yang dipakainya. Konsumen
dapat dikategorikan menurut tingkat penggunaan, mis : pengguna berat , sedang,
ringan, bukan pengguna. Atau menurut status pengguna, mis : pengguna potensial,
bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna regular, pengguna pertama kali, dan
pengguna produk pesaing.
Manfaat yang dicari :
manfaat yang ditawarkan suatu produk tanpa memperdulikan wilayah geografisnya.
E.
Menentukan
Posisi Produk Di Pasar Global
Pemasaran menentukan posisi yaitu suatu proses yang
dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu citra dibenak konsumen relative,
terhadap citra produk yang ditawarkan oleh pesaing.
Menentukan posisi teknologi tinggi ( Hi-tech
Positioning )
Komputer pribadi , video & peralatan
stereo, serta mobil merupakan contoh kategori produk dengan menentukan posisi
teknologi tinggi terbukti efektif. Produk seperti ini sering kali dibeli atas
dasar sifat –sifat produk yang konkret walaupun citra mungkin juga penting.
Pembeli biasanya sudah mempunyai atau berkeinginan memperoleh informasi teknis
yang cukup banyak. Dibagi 3 :
1. Produk
teknis : computer, bahan kimia.
Contoh produk yang
pembelinya mempunyai kebutuhan tertentu, perlu banyak informasi serta mempunyai
bahasa yang sama. Mis : pembeli computer di Eropa & Amerika mempunyai
pengetahuan yang setara mengenai mikroprosesor 486, hard dis 80 mega, 8 mega
RAM.
2. Produk
untuk peminat khusus.
Produk ini tidak
terlalu teknis & lebih berorientasi pada waktu luang atau rekreasi,
mempunyai karakteristik pengalaman yang serupa & keterlibatan pengguna yang
tinggi. Bahasa yang sama & symbol yang berkaitan dengan produk seperti itu
dapat mengatasi hambatan bahasa & budaya. Peralatan olah raga adidas,
kamera Canon, contoh produk untuk peminat khusus yang sukses.
3. Produk
yang dapat ditunjukkan kegunaannya.
Produk yang berbicara
untuk dirinya sendiri dalam iklan sifat & dan manfaatnya juga berjalan
dengan baik. Kamera instan Polaroid merupakan contoh produk global yang dapat
ditunjukkan kegunaannya & amat sukses.
Menentukan posisi
sentuhan canggih ( Hi-touch positioning )
Kurang memerlukan
penekanan pada informasi khusus & lebih menekankan pada citra.
Pembeli produk sentuhan
canggih juga mempunyai bahasa yang sama & sekumpulan symbol yang berkaitan
dengan tema kesejahteraan, materialism, & romantisme . Ada 3 :
1. Produk
yang memecahkan masalah umum.
Kategori ini
menyediakan manfaat yang berkaitan dengan moment kecil dalam kehidupan . Iklan
yang menayangkan percakapan diantara teman di kafe sambil minum secangkir kopi
atau menghilangkan dahaga dengan minuman ringan disiang hari ditepi pantai
menempatkan produk dipusat kehidupan sehari-hari & mengkomunikasikan
manfaat yang ditawarkan dengan cara yang dipahami diseluruh dunia.
2. Produk
desa global.
Wangi-wangian chanel,
pakaian mode pendesain, air mineral & pizza merupakan contoh baik dari
produk yang mempunyai posisi alami kuat diseluruh dunia. Dalam pasar
globalproduk mungkin mempunyai daya tarik global hanya berdasaarkan pada Negara
pembuatnya. Ke-Amerika-an dari Levis, Marlboro, & Harley-Davidson. Sony
merupakan nama yang sinonim dengan mutu Jepang, Mercedes merupakan perwujudan
insinyur Jerman yang legendaries.
3. Produk
yang menggunakan tema universal.
Beberapa tema iklan
& daya tarik produk dipikirkan cukup mendasar sehingga benar bersifat
transnasional. Tema tambahan adalah materialissme ( kunci untuk citra oang kaya
& status ), kepahlawanan ( tema termasuk individu sederhana atau
pengorbanan diri ) bermain ( waktu luang / rekreasi ) & prokreasi ( citra
masa pacaran & romantisme )
Perlu dicatat bahwa
beberapa produk dapat diposisikan dengan lebih dari 1 cara.
Misal : camera canggih
dapat diklasifikasikan à produk teknik & untuk peminat khusus.
Produk lain mungkin diposisikan
dalam mode bi-polar artinya sebagai produk berteknoloogi tinggi sekaligus
sentuhan canggih.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar